User Education and Information, Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Kamis(19/9), Perpustakaan dan Arsip UGM menyelenggarakan kegiatan User Education and Information Literacy untuk mahasiswa Program Studi MEP FEB UGM di Auditorium Mubyarto. Kegiatan ini  diselenggarakan untuk  menjelaskan mengenai peraturan/tata tertib, layanan, serta fasilitas yang dapat diakses oleh mahasiswa MEP di Perpustakaan FEB UGM dan Perpustakaan UGM. Banyak layanan yang disediakan oleh Perpustakaan FEB untuk menunjang kebutuhan mahasiswa selama menempuh pendidikan di MEP, salah satunya adalah akses ke berbagai basis data, seperti Osiris, Reuters, CEIC, serta data dari BPS (Susenas, Sakernas, PODES). Acara dilaksanakan secara hybrid, untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak bisa hadir secara luring terutama untuk mahasiswa Kelas Akhir Pekan dan Kelas Kerja Sama.

Banyak informasi yang selama ini belum diketahui dan baru didapatkan oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa terlihat antusias dalam menyimak materi yang dipaparkan. Saat ini proses akses layanan Perpustakaan FEB UGM dipermudah dan lebih efisien karena mahasiswa hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan, dan data yang dibutuhkan akan dikirimkan melalui email yang terdaftar. Selain akses ke database, Perpustakaan FEB UGM juga menyediakan langganan e-book yang dapat diakses melalui platform eLOK (e-learning: Open for Knowledge Sharing).

Perpustakaan UGM mengenalkan salah satu layanan yang menarik perhatian mahasiswa MEP yaitu Individual Student Support (ISS). Layanan ini ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam proses pengiriman artikel ke jurnal. Melalui layanan ini, mahasiswa akan dibantu untuk mengidentifikasi topik penelitian yang masih jarang diteliti, serta diberikan daftar jurnal yang dapat dijadikan referensi untuk publikasi. Layanan ISS ini juga berfungsi untuk menghindarkan mahasiswa dari mengirimkan artikel ke jurnal predator. Layanan ini dapat diakses baik secara daring maupun luring dengan prosedur yang cukup mudah, mahasiswa cukup mengisi formulir disediakan untuk dapat menggunakan layanan ini. Semoga dengan adanya informasi terkait dengan layanan perpustakaan baik di tingkat Fakultas maupun Universitas ini, mahasiswa dapat memanfaatkan dengan baik untuk menunjang proses belajar di MEP FEB UGM.

Fatimah Nuur Hidayah