Visi dan Misi

Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MEP FEB UGM) merupakan program strata dua jalur profesional. Program Studi MEP FEB UGM secara resmi berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Republik Indonesia, No.358/DIKTI/Kep/1995 tertanggal 16 Agustus 1995. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UGM No. 292/P/SK/HT/2008 tanggal 2 Juni 2008, lulusan Program Studi MEP FEB UGM bergelar akademik Master of Economics of Development (M.Ec.Dev.) yang penggunaannya ditempatkan di belakang nama yang berhak atas gelar tersebut. Untuk keempat kalinya Program Studi MEP telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan tetap dengan hasil dan peringkat akreditasi A (Unggul) berdasarkan SK BAN-PT No. 2023/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2019 berlaku sejak tanggl 25 Juni 2019 sampai dengan 25 Juni 2024.

Program Studi MEP FEB UGM  selalu berusaha menanamkan nilai-nilai luhur yang menjadi asas dalam menjalankan kegiatannya sebagai institusi pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut, visi Program Studi MEP FEB UGM diharapkan akan menumbuhkan komitmen dan energi serta memberikan standar akademik terbaik sehingga memberikan makna bagi kehidupan seluruh komunitas Program Studi MEP FEB UGM. Misi dan Visi Program Studi MEP FEB UGM adalah:

Visi Program MEP:

Menjadi program studi Pascasarjana terkemuka di Asia Tenggara yang berkontribusi pada pemajuan ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah-masalah nyata pembangunan ekonomi.

Misi Program MEP:

Menghasilkan pemimpin-peminpin yang berintegritas, memahami teori ekonomi dan mampu mengaplikasikan teori ekonomi untuk memajukan ilmu pengetahuan dan memecahkan masalah-masalah nyata pembangunan ekonomi.

Tujuan Program MEP:

  • Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana yang berkualitas dan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang ekonomika pembangunan.
  • Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan berkontribusi pada pemajuan ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah-masalah nyata pembangunan ekonomi.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan mengaplikasikan teori-teori ekonomi untuk memecahkan masalah-masalah nyata pembangunan ekonomi.