Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Pendaftaran Program Studi MEP UGM

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut :

1 Scan Ijazah dan Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

2. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  • Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

3. Pas Foto Berwarna.

4. Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dan sertifikat hasil tes TOEFL yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat dan telah memenuhi skor PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA Bapenas minimal 500; dan TOEFL ITP minimal 475 , TOEP PLTI minimal 53 (477) , IELTS 5.0 atau AcEPT UGM minimal 243). Contoh sertifikat bisa di cek di um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/

5. Proyeksi keinginan untuk mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM dapat diunduh di sini .

6. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

7. Surat Keterangan sehat dari Dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.

8. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen, dapat diunduh di sini .

9. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja dapat diunduh di sini (silahkan ditambahkan kop surat dan ttd bercap instansi).

10. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).