Kelas Reguler

Kelas diselenggarakan pada hari Senin – Jum’at, dengan masa studi 24 bulan (sudah termasuk matrikulasi), dengan periode perkuliahan pada bulan Februari untuk semester genap dan Agustus untuk semester ganjil.

KELAS REGULER PROGRAM MEP FEB UGM
Program Magister Ekonomika Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MEP FEB UGM) membuka 5 konsentrasi dalam kelas Reguler, yaitu:

  1. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan (Sustainable Economic Development)
  2. Perpajakan dan Pembangunan Ekonomi (Taxation and Economic Development)*
  3. Keuangan dan Pembangunan Ekonomi (Finance and Economic Development)*
  4. Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah (Regional Economic Planning and Development)
  5. Manajemen Keuangan dan Aset Daerah (Regional Finance and Asset Management)
  6. Manajemen Aset dan Penilaian Properti (Asset Management and Property Valuation)
  7. Manajemen Aset dan Penilaian Bisnis (Asset Management and Business Valuation)

*untuk saat ini hanya ditawarkan pada kelas kerjasama

KONSENTRASI: PEMBANGUNAN EKONOMI BERKELANJUTAN  (SUSTAINABLE ECONOMIC DEVELOPMENT)

Konsentrasi ini memberikan wawasan dan kompetensi tentang pembangunan ekonomi berkelanjutan didasarkan pada tiga prinsip utama yaitu kesejahteraan dan pemerataan pembangunan, keadilan sosial, dan pelestarian lingkungan. Keseimbangan dari tiga prinsip tersebut perlu diformulasikan secara jelas agar pembangunan ekonomi dapat berjalan secara berkelanjutan tanpa mengorbankan modal alam.

KONSENTRASI: PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH ( REGIONAL ECONOMIC PLANNING AND DEVELOPMENT)

Konsentrasi ini memberikan wawasan dan kompetensi tentang strategi dan proses penyusunan Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Daerah, seperti: penyusunan visi, misi, tujuan dan target pembangunan, penyusunan indikator kinerja, penyusunan renstra, penyusunan laporan kinerja, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

KONSENTRASI: MANAJEMEN KEUANGAN dan ASET DAERAH ( REGIONAL FINANCE AND ASSET MANAGEMENT)

Konsentrasi ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang pengelolaan keuangan dan aset daerah sesuai peraturan yang berlaku. Disamping itu mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan bagaimana mengidentifikasi, menginventarisasi dan mengoptimalkan aset-aset daerah secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel, serta penyusunan laporan keuangan daerah.

KONSENTRASI: MANAJEMEN ASET dan PENILAIAN PROPERTI (ASSET MANAGEMENT AND PROPERTY VALUATION)

Konsentrasi ini memberikan pengetahuan tentang konsep dan prinsip umum penilaian, mengestimasikan nilai suatu properti/aset seperti tanah, bangunan ataupun konstruksi, tambang atau mineral, mesin dan peralatan yang berguna untuk mengambil keputusan yang tepat dan aset yang dikelola berfungsi secara efektif dan efisien. Penilaian properti dapat dimanfaatkan untuk tujuan jual beli, sewa menyewa, menilai obyek pajak, menilai aset daerah untuk kepentingan penyusunan neraca/laporan keuangan daerah.

Lulusan diharapkan mampu melakukan penilaian terhadap aset dan properti baik milik privat maupun publik, sesuai dengan standar penilaian yang berlaku di Indonesia. Lulusan konsentrasi MAPP akan mendapatkan Sertifikat Penyetaraan Pendidikan Dasar Penilaian I (PDP I) dan PDP II setelah lulus mengikuti workshop SPI (Standar Penilaian Indonesia) dan KEPI ( Kode Etik Penilaian Indonesia).

KONSENTRASI: MANAJEMEN ASET DAN PENILAIAN BISNIS (ASSET MANAGEMENT AND BUSINESS VALUATION)

Konsentrasi ini memberikan pengetahuan tentang teknik menentukan pendapat/opini atau perkiraan nilai bisnis atau perusahaan/entitas atau suatu kepemilikan di dalamnya, penilaian aktiva tak berwujud untuk pengambilan keputusan bagi manajemen. Pengetahuan ini bermanfaat untuk pengembangan maupun perbaikan usaha/bisnis dalam rangka mempertahankan keberlangsungan perusahaan.

Lulusan diharapkan mampu melakukan penilaian terhadap aset dan properti baik milik privat maupun publik, sesuai dengan standar penilaian yang berlaku di Indonesia. Lulusan konsentrasi MAPB akan mendapatkan Sertifikat Penyetaraan Pendidikan Dasar Penilaian I (PDP I) dan PDP II setelah lulus mengikuti workshop SPI (Standar Penilaian Indonesia) dan KEPI (Kode Etik Penilaian Indonesia).

PERSYARATAN:

Lihat: Pendaftaran

PROSES SELEKSI:

Lihat: Pendaftaran

PERIODE KULIAH:

Periode perkuliahan satu tahun dua kali yaitu bulan Februari dan Agustus

BIAYA PENDIDIKAN:

Biaya pendidikan untuk mengikuti program magister sebesar Rp53.000.000 (lima puluh tiga juta rupiah).

Info Pendaftaran

Bagian Admisi

Jl. Teknika Utara No.2, Barek, Sleman
Yogyakarta 55281

+62 (274) 555917; 555918; Fax: 555922; Hotline: +628112640223
admisi-mep.feb@ugm.ac.id

Mon – Fri 7:30A.M. – 4:00P.M.

Sosial Media

Link Pendaftaran

Go Top