Persyaratan Pendaftaran

Pelamar MEP FEB UGM selain melakukan pendaftaran secara online di um.ugm.ac.id juga menyerahkan berkas persyaratan hardcopy ke bagian admisi MEP FEB UGM dan softcopy dapat dikirimkan terlebih dahulu melalui email admisi-mep.feb@ugm.ac.id .

PERSYARATAN PENDAFTARAN:

  1. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
    • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A
    • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B
    • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi C
  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisir atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku;
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip S1 atau yang setara yang sah dan legal, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar.
  3. Proyeksi keinginan untuk mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM dapat diunduh di http://um.ugm.ac.id
  4. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen pada kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  5. Surat keterangan sehat dari  Dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
  6. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja dapat di unduh di http://um.ugm.ac.id
  7. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (diunduh di um.ugm.ac.id)
  8. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)

RAGAM SELEKSI:

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi MEP FEB UGM terdiri dari beberapa ragam seleksi pada saat pendaftar mengisi pendaftaran online dilaman di http://um.ugm.ac.id.  Pemilihan jalur seleksi ini akan berpengaruh pada proses seleksi penerimaan pelamar di  Program Studi MEP FEB UGM. Adapun perbedaan masing-masing jalur adalah sebagai berikut:

1. Jalur Matrikulasi atau Pra MEP

Diperuntukkan bagi pendaftar sarjana  S1 atau setara dari segala disiplin ilmu untuk menempuh perkuliahan Program Matrikulasi/Pra MEP, sebelum diterima menjadi mahasiswa S2 MEP FEB UGM.

2. Jalur Reguler:

Diperuntukkan bagi pendaftar yang telah menempuh Program Matrikulasi/Pra MEP atau pendaftar dinyatakan bebas matrikulasi. Syarat pelamar dinyatakan bebas matrikulasi, apabila yang bersangkutan lulusan S1 dari jurusan ilmu ekonomi dengan syarat:

  • IPK S1 minimal 3.50 dari lulusan program studi yang telah terakreditasi A; dan khusus bagi alumni S1 UGM jurusan ilmu ekonomi IPK minimal 3,25*.
  • Telah memenuhi skor PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA Bapernas dengan min skor 500; dan TOEFL ITP/ TOEP PLTI minimal skor 475 atau AcEPT UGM minimal  skor 243 yang masih berlaku*.
  • Lulus tes wawancara
  • Lulus tes bebas matrikulasi, dengan materi ujian adalah matakuliah Program Matrikulasi/Pra MEP

3. Jalur Kerja Sama

Diperuntukkan bagi pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).

PROSES SELEKSI:

Pendaftar dinyatakan lulus seleksi Jalur Matrikulasi dan Jalur Kerja Sama jika:

  1. Memenuhi syarat PAPs/TPDA/TPA Bappenas dengan skor minimal 500 yang masih berlaku yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat*.
  2. Memenuhi syarat skor AcEPT minimal 243, atau skor TOEFL ITP/ TOEP PLTI Minimal skor 475 dan masih berlaku yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat*.
  3. Lolos verifikasi berkas persyaratan pendaftaran
  4. Lulus Tes wawancara.

Informasi Biaya pendidikan, selengkapnya di menu Biaya Pendidikan 

https://mep.feb.ugm.ac.id/biaya-pendidikan/

JADWAL SELEKSI

Perkuliahan diselenggarakan hari Senin-Jum’at pukul 07:00-16:00 WIB. Jadwal seleksi untuk perkuliahan Pra MEP Periode Februari 2023 adalah:

KEGIATAN WAKTU
Pendaftaran Gelombang I 05 Oktober 2022 – 10 November 2022
Seleksi Masuk (Wawancara) 16 November 2022 – 17 November 2022
Pendaftaran Gelombang II  29 November 2022 – 27 Januari 2023
Seleksi Masuk (Wawancara) 10 Januari 2023 – 21 Januari 2023
Pembukaan Kuliah Matrikulasi/Pra MEP  Februari 2023

PROSEDUR PENDAFTARAN ONLINE:

  • Buka website: https://um.ugm.ac.id/
  • Buat akun pendaftaran:  https://um.ugm.ac.id/pendaftaran/public/
  • Siapkan semua dokumen yang disyaratkan dalam format *.pdf (kecuali dokumen foto dalam format *.jpg) dengan ukuran masing-masing minimal 150 kb dan maksimal 800 kb
  • Sebelum kunci, pastikan bahwa dokumen yang diunggah sudah benar, karena kesalahan mengunggah dokumen tidak dapat diperbaiki/dibetulkan, pendaftaran harus dimulai dari awal.

*) Hubungi Hotline Admisi MEP untuk informasi lebih lanjut di 0811 264 0223 (WhatsApp tersedia)