MEP FEB UGM :: Committed to Development
Tentang UGM
Perpustakaan
UGMail
FEB UGM
INA
English

Sekilas HIMMEP

13
Jun
2017
Diposting pada : 13 Jun 2017 | Dilihat : 249 Kali

SLEMAN, Himpunan Mahasiswa Magister Ekonomika Pembangunan (HIMMEP) berdiri tahun 1999 oleh mahasiswa Program Studi MEP Angkatan 11. Pada awal berdirinya HIMMEP dimaksudkan menjadi media komunikasi antara mahasiswa dengan MEP. Kepengurusan HIMMEP sendiri tidak selalu ada dan terbentuk di setiap tahunnya. Sebagai catatan, Kepengurusan HIMMEP hanya terbentuk pada Tahun 1999/2000, Tahun 2001/2002, Tahun 2002/2003, Tahun 2007/2008, dan Tahun 2010/2011.

Setelah sekian lama vakum dan mulai aktif kembali tahun 2016,  HIMMEP  memberikan nuansa baru di lingkungan MEP FEB UGM dengan kegiatan-kegiatannya, baik yang bersifat mendukung kegiatan akademik maupun kegiatan ekstra kurikuler.

Estafet kepengurusan HIMMEP 2016/2017 diteruskan dengan terpilihnya Sdr. Shofiyanto sebagai pemenang Pemira Periode Tahun 2017/2018, yang dilanjutkan dengan pembentukan kepengurusan dan program baru untuk masa bakti 2017/2018. Dalam kepengurusan baru ini, HIMMEP ingin turut berperan aktif ikut berkontribusi menciptakan mahasiswa yang berkualitas, berdaya saing tinggi serta berwawasan global, sehingga elemen civitas akademik di lingkungan kampus MEP FEB UGM dapat memperoleh manfaat dari keberadaan HIMMEP sebagai entitas wadah dan fasilitator komunikasi mahasiswa MEP. 

Pada semester pertama tahun 2017, HIMMEP telah melaksanakan serangkaian kegiatan guna mewujudkan visi nya tersebut. Dua diantara beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Upgrading Sekolah Pasar Modal serta Tarhib Ramadhan 1438 H dan Bakti Sosial.  

Kegiatan Upgrading Pasar Modal dilaksanakan dari tanggal 5 Mei sampai dengan 22 Mei 2017 di Pojok Bursa Saham, Gedung Pertamina Tower Lt. 4, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Respon mahasiswa terhadap kegiatan ini cukup besar, hal ini ditunjukkan dengan menambah kegiatan menjadi 2 (dua) gelombang kelas, dengan masing-masing melaksanakan 3 (tiga) sesi pertemuan. Secara garis besar, materi yang disampaikan adalah untuk memperkenalkan mahasiswa pada: (1) dunia pasar modal, (2) keuntungan dan resiko berinvestasi di pasar modal, (3) fundamental perusahaan di pasar modal, serta (4) potensi peluang di pasar modal. HIMMEP berharap melalui kegiatan ini antusias mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal meningkat sehingga manfaat dari pasar modal Indonesia dapat dinikmati juga oleh mahasiswa MEP.

Sedangkan pada Rabu (17/5) bertempat di Lobby Gedung I Kampus MEP FEB UGM, telah dilaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan 1438 H, yang diisi dengan tausiyah  oleh Ust. dr. Raehanul Bahraen, pembina Indonesia Bertauhid yang juga merupakan mahasiswa spesialis di Fakultas Kedokteran UGM. Ust. dr. Raehanul Bahraen menyampaikan kaidah utama dari keberadaan manusia di muka bumi, yaitu untuk memberikan manfaat bagi sesamanya (khairunnaas ‘anfauhum linnaas) serta manfaat yang bisa didapatkan oleh kaum muslimin ketika melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Serangkaian dengan kegiatan Tarhib, HIMMEP juga mencoba memfasilitasi para civitas akademik MEP untuk menyisihkan sebagian kecil rezeki yang dimilikinya untuk disampaikan kepada Rumah Tahfidz Yatim dan Dhu’afa Al-Falah, di Kota Gede, Yogyakarta. (inf)



FEB UGM adalah anggota:
Berita
SWAMEP